PROFIL
MTs. MA’ARIF AMBULU
A.
Sejarah Singkat
Berangkat dari kesamaan cita-cita untuk memiliki wadah
pendidikan yang berorientasi dibidang agama dan ilmu pengetahuan, maka
berkumpullah beberapa tokoh masyarakat Kecamatan Ambulu untuk mewujudkan
harapan tersebut. Dari pertemuan itu kemudian tercetus kesepakatan untuk
mendirikan lembaga pendidikan yang kemudian diberi nama Madrasah Tsanawiyah
Ambulu. Alhamdulillah pada tanggal 12 Rabi’ul Awwal 1393 H atau bertepatan
tanggal 17 Maret 1975 terbentuklah Kepanitian Persiapan Madrasah Tsanawiyah
Ambulu. Kemudian pada 25 juli 1975 berkat ridho Allah SWT Madrasah Tsanawiyah
Ma’arif Ambulu resmi menjadi salah satu Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama
diwilayah Kecamatan Ambulu. Sebagai badan penyelenggara pendidikan di MTs.
Ma’arif Ambulu dibentuklah Pengurus Yayasan yang beranggotakan sepuluh orang dan
bapak Moch. Soepandji sebagai ketua, atas kesepakatan Pengurus Yayasan pula
kemudian dipilihlah bapak Subiwanto sebagai Kepala sekolah pertama dan
mengangkat pula tujuh orang sebagai guru.
Pada awal dibukanya MTs. Ma’arif Ambulu yaitu pada tahun
ajaran 1975/1976 telah menerima 37 siswa. Mulanya lokasi belajar ditempatkan di
Madrasah Ibtidaiyah 29 Miftahul Ulum Kauman Ambulu. Namun seiring bertambahnya
tahun banyak masyarakat yang mempercayakan putra –putrina untuk belajar di MTs.
Maa’rif Ambulu sehingga gedung tersebut menjadi kurang efektif dan efisien
untuk proses belajar. Maka pada tahun 1977/1978 MTs. Ma’arif Ambulu berpindah
tempat digedung milik seorang ulama’ yang bernama Sayid Agil Al Atas yaitu di
sebelah barat lapangan Glory Ambulu. Dan berkat rahmad dan RidhoNYa,
alhamdulillah pada tahun 1985/1986 telah berdiri gedung diatas tanah waqaf
didusun Langon Desa Ambulu tepatnya di Jl. KH. Hasyim Asy’ari No .4 Langon Ambulu
yang ditempati hingga sekarang.
B.
Keadaan Guru, Siswa serta Sarana dan Prasarana
Dengan bergulirnya waktu, semakin lama jumlah siswa terus
meningkat. Dari yang awalnya hanya puluhan siswa kini telah mencapai ribuan
siswa. Jumlah siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada tahun ajaran
2006/2007, dimana jumlah siswa baru mencapai 468 siswa. Kemudian tahun
berikutnya sebanyak 456 siswa. Dan sekarang setelah melalui perjuangan yang
panjang dan penuh semangat tercatat 1.208 siswa terdaftar sebagai siswa MTs.
Ma’arif Ambulu untuk tahun pelajaran 2007/2008 yang terbagi menjadi 25 kelas.
Untuk kelas VII sebanyak 9 kelas, kelas VIII sebanyak 9 kelas dan kelas IX
sebanyak 7 kelas. Jumlah yang sangat fantastik untuk sekolah swasta se
Kabupaten Jember. Sedangkan tenaga pendidik sebanyak 42 orang yang terdiri dari bermacam status baik PNS,
kontrak dan honorer.
Sedangkan sarana dan prasarana MTs. Ma’arif Ambulu yang
dimiliki sampai saat ini antara lain 16 ruang belajar, kantor kepala sekolah,
ruang guru, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang BP, ruang laboratorium
bahasa, ruang laboratorium komputer, studio musik, dan musholla. Melihat
sedemikian banyak siswa dan kurangnya lokal atau ruang belajar siswa, maka
terciptalah kelas besar, dimana dalam satu kelas rata-rata dihuni oleh 50
siswa. Dan dari sekian kelas maka ruangan kelas tidak mencukupi untuk belajar
bersama ( kelas VII,VIII,IX ) dalam satu waktu, maka untuk siswa kelas VIII
masuk siang hari yaitu pukul 12.45 WIB.
Menyadari bahwa belajar pada siang hari banyak kendala
yang dihadapi seperti, panas, waktu yang kurang memadai dan lainnya. Untuk itu
peningkatan sarana kelas atau ruang belajar harus ditambah sehingga diharapkan
seluruh siswa dapat belajar diwaktu yang sama. Mengetahui kekurangan tersebut
maka secara bertahap telah dibangun kelas tambahan. Untuk tahun 2008 ini ada
dua kelas sedang dalam tahap penyelasaian, dan pada tahun ajaran baru mendatang
siap untuk digunakan. Dan untuk tahun pelajaran 2010/2011 Alhamdulillah sekolah
MTs. Ma’arif Ambulu sudah bertambah kelas, maka program KMB (kegiatan belajar
mengajar ) sudah di laksanakan mulai pukul 07.00-13.00 WIB. Dan untuk saat ini
telah di buka program Fullday Class Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.
C.
Kegiatan Ekstra dan Intrakurikuler
Semakin banyak siswa maka beragam pula bakat dan minat yang
dimiliki oleh siswa. Antara lain, olah
raga, pramuka dan seni. Untuk mewadahi bakat dan minat siswa tersebut
terbentuklah regu pramuka, marching band, musik band, sepak bola, volly,
Atletik, qiro’ah, pidato dan MC.
Dengan besarnya jumlah siswa, maka tidak sedikit pula
prestasi yang ditorehkan oleh MTS. Ma’arif Ambulu dalam sekup kecil (lingkup
Kabupaten) maupun sekup besar (lingkup Nasional). Prestasi itu antara lain
dalam bidang Ekstrakurikuler yaitu pramuka dan olah raga. Terbukti pada tahun
2002 regu pramuka MTS. Ma’arif Ambulu mampu mengukir prestasi sebagai regu
tergiat dalam JAMBORE Nasional di Bumi Perkemahan Cibubur dan juga kerap
menjadi juara di tingkat Kabupaten dan Kecamatan. Adapun pestasi-prestasi yang
pernah di raih oleh tim pramuka MTs. Ma’arif Ambulu ( TSAMABU SCOUT ) antara
lain :
( REGU PANTHERA
TRIGIS )
1.
Juara 1 PUTRA ( KAPASREJOSARI TAHUN 2011 )
2.
Juara 1 PUTRA ( PORSEKAMA TAHUN 2011 )
3.
Juara 1 PUTRA ( ADVENTURE BHAYANGKARA TAHUN 2011 )
4.
Juara 2 PUTRA ( LP3 STAIN Se BESUKI DAN KAB. LUMAJANG TAHUN
2011 )
5.
Juara 1 PUTRA ( PORSEKAMA TAHUN 2011 )
6.
Juara 1 PUTRA ( KAPASREJO SARI TAHUN 2012 )
7.
Juara UMUM PIALA BERGILIR PUTRA
(ADVENTURE
BHAYANGKARA TAHUN 2012
REGU
GERANIUM :
1.
Juara 1 PUTR1 ( PORSEKAMA TAHUN 2011 )
2.
Juara 2 PUTRI ( ADVENTURE BHAYANGKARA TAHUN 2012 )
3.
Juara 3 PUTRI ( LP3 STAIN Se BESUKI DAN KAB. LUMAJANG
TAHUN 2011 )
4.
Perwakilan Kabupaten Jember mengikuti PERGAMA ( Se Jawa
Timur ) di Tuban.
Sedangkan dalam bidang olah raga, pada tahun 2007 dua siswi
masuk dalam kontingen Atletik Jawa Timur sebagai wakil Kabupaten Jember.
Sedangkan dalam lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an tingkat SLTP se-karisidenan Besuki siswi MTs.
Ma’arif Ambulu mampu menjadi juara 2. Serta masih banyak lagi prestasi yang diraih
dalam lomba-lomba lain.
D.
Peningkatan mutu pendidikan
Seiring perkembangan dunia pendidikan yang mengharuskan
sekolah memiliki mutu pendidikan yang baik. Dan telah kita ketahui bersama
bahwa kurikulum pendidikan seringkali mengalami perubahan, meski sebenarnya
tujuannya sama yaitu untuk meningkatkan mutu pendidikan demi mencerdaskan
kehidupan bangsa. Untuk itulah maka para guru MTs. Ma’arif terus berusaha
meningkatkan profesinalisme guru yang antara lain dengan mengikuti berbagai
kegiatan seperti Workshop, seminar maupun diklat pendidikan. Harapannya supaya
guru MTs. Ma’arif Ambulu dapat menjalankan profesinya dengan baik dan
benar.Dengan usaha yang sungguh-sungguh, alhamdulillah diantara guru MTs.
Ma’arif Ambulu terpilih dua guru sebagai Trainer pada suatu Kerjasama Pelatihan
Pendidikan Dasar Indonesia Australia (IAPBE) yang bekerjasama dengan Dinas
Pendidikan dan Departemen Agama. Dua guru tersebut secara formal dan non formal
membimbing guru-guru yang lain untuk mendalami dan mengaplikasikan Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan. Terpilihnya dua guru tersebut diharapkan nantinya MTs.
Ma’arif Ambulu mampu berkompetisi dengan sekolah-sekolah lain yang telah diakui
berstandar Nasional terlebih berstandar Internasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar